Minggu, 19 Februari 2012

Membuat Sketsa Tokoh

Dalam blog ini, pembahasan lebih difokuskan pada proses pembuatan sketsa tokoh berdasarkan deskripsi yang telah dibuat. Untuk area kerja, gunakan kertas yang tidak terlalu mudah menyerap (perhatikan permukaan kertas dan pilihlah yang halus). Sedangkan untuk menggambar sketsa, dapat digunakan pensil 2B. Kemudian untuk menebalkan garis tepi (stroke), dapat tetap menggunakan pensil atau alat lain, seperti bolpoin, spidol, dan pena. Lalu bersihkan arsiran sisa sketsa hingga bersih.

Pada dasarnya, terdapat dua poin utama yang perlu diperhatikan sebelum membuat sketsa tokoh. Pertama, bebaskan imajinasi namun tetap mengacu pada narasi/cerita yang telah dibuat. Kedua, utamakan orisinalitas, jangan terjebak untuk mengacu pada tokoh kartun yang sudah ada. Tahap terakhir dalam pembuatan tokoh adalah mengisi sketsa dengan komposisi warna yang sesuai. Proses ini dapat dilakukan secara manual (cat air, crayon, pensil warna) atau dengan software ataupun kombinasi keduanya.

Catatan ::
Untuk mendesain tokoh, tentukan bentuk fisik, penampilan, sifat dan perilaku tokoh, serta informasi lain seperti hubungan kekerabatan antar tokoh secara detail dan jelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar